Rabu, 06 Januari 2010

MUHASABAH DIRI

Posted on 23.34 by jonli rahmad koto


Dua minggu…
Dua minggu sengaja ku biar kan blog ini diam…tanpa postingan,tanpa ada pergerakan..sengaja ku biarkan saja bukan karna aku malas.

Minggu pertama sebelum pergantian tahun dan minggu kedua setelah tahun baru..itu semua karna aku ingin konsentrasi dulu untuk me muhasabah diri.ternyata banyak hal yg telah terlewati olehku{seketika badan ku ini terasa lemas}waktu pas pergantian tahun,yg hanya kulewati di rumah dan mendengarkan pengajian daripada aku keluyuran dan bikin maksiat atau malah jadi korban tabrakan di jalan hanya gara2 ingin menikmati kembang api di pergantian tahun.

Aku memang beda…beda dari kebanyakan pemuda yg hanya menghabiskan hari untuk hura2.

Aku lain...

***Minggu pertama sebelum tahun baru***

Mulai menyendiri…meresapi hari2 yg telah ku lalui mengingat untung dan rugi.

Seketika aku tersadar ketika seorang temen lama tiba2 muncul di facebook,temen masa aliyah dulu.hampir sepuluh tahun sudah aku tidak pernah mengingatnya.

Ternyata semua berubah…
Keadaan berubah…
Hidup telah berubah…

Dia sekarang sudah punya 2 orang anak,gelar yg di sandang di belakang namanya pun gak tanggung2…Lc.M ag.

Lain lagi yg ini…temen2 masa kecilku dulu sekarang sudah banyak yg jadi PNS.bahkan ada yg jadi guru di Aliyah tempat aku jadi murid dulu, maka dapat juga kabar tentang temen2 yg lain dan guru2 yg dengan ikhlas telah menurunkan ilmunya{maafkan ananda yg bandel ini}

Sedih…pastinya

Hampir sepuluh tahun ku sia siakan hidup ini..
berpetualang mencari jati diri..
mengembara seantero sumatra..
memuaskan hasrat diri.
Tanpa sadar..
Dunia telah berubah…

Dan aku tetap di poros bumi…
Terpaku…
Tetap tanpa mimpi…


Tapi itu tak juga jadi penyesalan bagi ku..ingat waktu dulu ketika sekolah kami sering main di pinggir danau duduk di atas batu dan memandangi riak air yg bergelombang..

Yodi:aku ingin jadi polisi
Surya:aku juga..
Anton:aku mau kuliah di IAIN

Aku…aku bahkan tak tahu harus menjadi apa{hanya diam}…bagi ku..bisa menjadi orang yg berguna bagi nusa dan bangsa itu saja sudah cukup kalau bisa kaya raya.

Aku memang lain…{dan beginilah jadinya aku}

“ORANG YG TAK PERNAH KALAH DALAM HIDUP ADALAH ORANG YG TAK PERNAH MENGINGINKAN APA APA”

Simple…
Kalo kita tak menginginkan apa2 kita takkan pernah kalah,,,tapi jangan pikir kita tak kan mendapatkan apa apa{masih saja dengan ego ku}.

Hidup…berusaha sekuatnya..
bekerja sepuasnya
dan jangan lupa berdoa pada yg kuasa.

Kalau begini saja kita menjalani hidup kita pasti sudah mendapatkan apa yg di maksud dengan hidup{itu menurut ku}.

Kerja keras…
Kerja ikhlas…
Kerja lugas…
Dan jangan lupa doa pada yg di atas..

***MALAM PERGANTIAN TAHUN***

Diam…merenung,terpaku sunyi me muhasabah diri..memandang langit kota BATAM di hiasi kembang api yg menghabiskan pajak 1 milyar{coba buat aku}

Dan aku menyumpahi semua..
Keyboard di samping rumah yg mengusik telinga ku..
Mercon yg membuat bayi tetangga ku menangis…
4 orang mati di malam tahun baru
Dan semua keperawanan yg terenggut di malam itu..

Dan aku berjanji dalam hati…
Ya RABB…hampir sepuluh tahun,hanya ada aku dan ENGKAU,aku begitu terlena menatap dunia..dan aku lupa ada sesuatu yg kulupa tentang ENGKAU..

Satu tahun…satu juz

***MINGGU PERTAMA DI TAHUN INI***

Mencoba lebih baik dari yg kemaren..
Tapi tetap mengalir bagaikan air

Bekerja…
Berusaha…
Berdoa…

Satu tahun…satu juz

*****

oh ya...ada hadiah buat aku dari seiri hanako...tapi maaf ya...kalo boleh aku ngambil yg ini ya..yg di atas...makasih..

11 Response to "MUHASABAH DIRI"

.
gravatar
Seiri Hanako Says....

gpp ambil yang mana aja...
gambarnya memang punya arti spesial..

.
gravatar
SeNjA Says....

kamu memang berbeda,setiap org berbeda....

asyik banget tulisan mu dibaca sobat.....

semoga tahun ini kita bisa menjadi manusia yg lebih baik ya.

.
gravatar
jonli rahmad koto Says....

Seiri Hanako:makasih...saya suka sekali gambar ini...bagi saya gambar ini memiliki banyak makna:-)

senja:yup..kita harus bada senja
:wah...makasi pujiannya ya:-)
:INSYAALLAH

.
gravatar
Kang Sugeng Says....

Betul Sob, saya sangat setuju dengan sampean, lebih baik brdiam diri merenungi kesalahan di masa lalu, daripada hura2 yg gak penting sama sekali.

.
gravatar
ajeng Says....

Semoga tahun ini kita menjadi manusia yang makin berkualitas secara dunia dan akherat..

.
gravatar
Yolizz Says....

emang bagusnya gituh sih,, pergantian tahun diisi dengan merenung,, bukannya malah hura2 ga jelas...

.
gravatar
Cerita Inspirasi Says....

weew.. mantap introspeksinya... semoga tahun ini kamu bisa lebih baik dan lebih sukses dari sebelumnya.. ^^

.
gravatar
dwina Says....

gak ada yang sama. tiap orang emang beda

salut ma prisipnya
satu tahun satu juz


hebat